Kebiasaan memberi nama pada barang kesayangan

Eh, si kebo mana sih? sudah aku cari dimana-mana masih gak ketemu. Apa aku lupa naruh? pak… buu… si kebo aku taruh mana ya?

Beberapa hari yang lalu saya bingun untuk mencari kebo saya. Sepertinya selama puasa saya jadi sering mengantuk sehingga sering lupa menaruh barang-barang yang penting. Eh, iya si kebo ini bukan kebo binatang yang yang suka berkubang itu loh. Kebo ini yang saya maksut hp kesayangan saya. Hp satu-satunya yang berbentuk bongsor. Maklum blackberry 8700v bentuknya sangat besar sehingga saya beri nama kebo saja.

Sebenarnya jika masuk dalam kategory blackberry hp saya ini termasuk keluarga electron berry atau orang sering menyebut blackberry badak atau bisa juga dengan sebutan blackberry transformer karena bagian belakang hp ini memiliki bentuk seperti simbol auto bot pada transformer.

Berbicara hp yang saya beri nama, apakah anda juga sering memberi nama kepada barang-barang anda? saya merasa aneh ketika mendengar komentar nophindahoz mengenai kamera whitenophberry pada postingan “tentang photo blog” yang saya post beberapa hari yang lalu. Saya cukup bertanya-tanya dan berfikir keras dan penuh penasaran mengenai kamera whitenophberry ini. Apkah sejenis blackberry dan bluberry merk hp itu? atau sejenis kamera lomo dsb.

Lalu saya mencoba membalas komentar untuk mengetahui mengenai kamera tersebut. Karena saya rasa pasti lama menuggu jawaban orang yang baru pertama kali mampir ke blog saya. Dan saya cukup sangsi, belum tentu dia kembali membaca blog saya dengan rentan waktu yang singkat. Sehingga saya putuskan untuk mencoba cari tau username twitter di blognya. Sesegera saya bertanya pada dia mengenai kamera whitenophberry ini. Berikut capture pembicaraan saya di twitter :

memberi nama pada barang

Ternyata whitenophberry itu adalah hp pribadi yang mungkin jika saya artikan adalah blackberry putih punya nophi. Ini hanya menurut saya. Ah, saya merasa tertipu mengenai jenis kamera ini. Setelah itu saya iseng melontarkan sebuah pertanyaan mengenain Kebiasaan memberi nama pada barang kesayangan. Pertanyaanya seperti ini :

 

Nama pada barang kesayangan

Lalu beberapa teman yang mengikuti dan membawa tweet saya ini ikut berpartisipasi, tidak banyak sih kurang lebih 3 orang yang memberi komentar maklum bukan influence twitter, seperti ini komentarnya :

alsan memberi nama pada barang

Rata-rata yang ikut menjawab adalah kaum hawa yang suka memberi nama barang kesayangannya. Nah menurut agama gimana nih klo ngasih nama ke barang? klo cuma ngasih nama barang yang gak dosa. Menurut sebuah sumber blog yang sempat saya baca bahwa Nabi Muhammad juga memberi nama kepada barang atau binatang. Keledainya diberi nama Ufair atau Si Cemerlang. Untanya diberi nama Adhba atau Si Lincah. Demikian pula kuda sahabat Abu Thalhah yang pernah dinaiki Rasulullah diberi nama Mandub atau Si Pengarah, dan kuda sahabat Abu Qatadah bernama Jaradah atau Si Unggul. Sementara itu, hadis Turmudzi meriwayatkan, Kanjeng Nabi Muhammad juga pernah memiliki 5 (lima) bilah pedang serta 7 (tujuh) baju zirah, semuanya diberi nama.

Memberi nama pada barang ini biasanya dimulai pada usia rentang 2 sampai 12 tahun. Berdasarkan Teori Perkembangan Kognitif yang dikembangkan oleh Jean Piaget, seorang psikolog Swiss.  Memberi nama pada barang Mungkin dikarenakan bawaan karakter yang memang imajinatif. Memberi nama pada benda kesayangan. Ponsel. Laptop. Motor atau mobil. Kebanyakan benda yang membersamai diri dalam keseharian. Campuran antara rasa membutuhkan dan sayang. Ikatan ‘emosional’. Apalagi jika suka dan duka telah dilalui bersama.

Anda punya barang kesayangan? di kasih nama apa?

Incoming search terms:
  • nama motor kesayangan
  • cerita benda kesayangan
  • memberi nama barang
  • memberi nama pada barang
  • nama nama barang kesayangan

47 Comments

Bukik
Wuaaaaah posting seru......... Aku ngasih nama barang kalau pas bareng Damai doang
    sibair
    si keling sama si jempi ya pak? :D
      Bukik
      Hoooo itu cuman salah satunya......andalan....hehe
nengbiker
setiap beli barang baru yg harganya lumanjun laah, aku juga selalu berpikir nyari nama untuknya. motor, hp, dll dll. tapi dari berapa nama yang aku inget pernah aku kasih, aku cuman inget MonCherry, nama netbookku. bahkan nama kelinciku pun aku suka lupa >.< untung nama pacar ga perna lupa #eaaaa
    sibair
    klo nama pacarmu lupa bisa-bisa status hubungan juga lupa mbak :))
nophindahoz
wuaa.. mas bair.. saya ilo udah beberapa kali mampir sini.. ga cuma sekali.. T_T cuma ga komen sih ya.. eh eh, iya lo, kebanyakan temen2 saya juga suka ngasih nama barang2nya, kebanyakan cewek sih, kayak mbak neng di atas saya ini :* nah, pas ngasih nama ke motornya cowok saya, saya kasih nama Megi, eh cowok saya malah ngakak -.-"
    sibair
    Hehehe ya kan yang keliatan baru sekali mbak... iya yak, emang cewek sering ngasih nama barang-barangnya...
putri
ah, ada aku aku malu.. :") *malu2in maksudnya* Saya rasa menamai barang atau binatang piaraan itu kan karena spesial kan. Seperti yg saya bilang sebelumnya, sesuatu yg spesial yang punya kesan tersendiri harus punya nama spesial juga. Saya sering dimintain tolong kakak ngasih nama setiap hamsternya melahirkan.. :D Bahkan sahabat atau pacar sekalipun kita pasti punya nama spesial kan buat mereka.. Gituh mas bair.. :)
    sibair
    Kalo nanti gajah saya melahirkan minta tolong dikasih nama ya mbak :))
Fiz
Saya punya barang kesayangan yang sudah berumur empat tahun setengah yang setia diajak berpetualang. Sampai hari ini dia belum punya nama dan tidak protes, asal oli sama bensin lancar tentunya... :D
polenk
Nama barangku.... hmm.. barangku namanya anu.... hmmm anu... barangku... *susah mas diungkapkan dengan kata kata, yang pasti postingannya kerenlah +1
    sibair
    Wuih sesepuhnya detik sby mampir'e.. aku sampe sungkan...
      Bukik
      Loh iya tah? Kok blognya wordpress.com? *kalem *melipir
        sibair
        woh iya baru sadar.. kirain pake blogdetik.. langsung samperin ke TKP!
          Bukik
          • Aug 12 2011
          Aku dong sudah sowan duluan *pamer *busungkandada
niQue
satu2nya yang saya kasih nama cuma mobil kesayangan yang berwarna hitam "ma biring" = yang tersayang :D
joko santoso
klo saya sih nggak begitu suka menamai barang... terlalu ribet.!!
honeylizious
saya punya hengpong yang saya kasih nama si hitam, si kuning, dan glocel. spesial untuk yang glocel itu karena biasa disebut grocer berasal dari 6120c yang sepintas bisa dibaca Groc, gitu aja sih... nyiahahahhaa
Alid Abdul
jiaah kurang kerjaan hhehehe... ndak pernah kepikiran tuh kasih nama benda2 mati :P
arqu3fiq
Rata-rata yg ngasih nama ke barang kesayanganya kebanyakan kaum cewek. Kalau gue pribadi gak pernah ngasih nama pada barang/hewan kesayangan. Ya aneh aja. Ponsel ya tetep Ponsel namanya kan Ponsel, Laptop ttp Laptop dgn embel-embel merek nya. Kembali ke pribadi masing-masing jadi terserah mereka yg mempunyai barang.
kaget
Sekarang saya malah kepikiran kalau Bair punya nama tersendiri bagi bloggers. Asal jangan sebutan jelek, deh :D
jarwadi
Kalau kebiasaan di aku sih agak beda, yg dikasih nama, biasanya, binatang piaraan, spt ayam, kambing, sapi, kucing,dll seneng banget kalau binatang itu datang mendekat bila dipanggil :)
niee
Haduh, sedangkan nama orang aja aku sering kelupaan, apalagi kalau barang dinamain, bisa ribet dah otak aku memprosesnya :P
adetruna
apa yaa, paling2 wkt smp org2 nyebut, 'si huis' krn saya beruban sangat byk... huis = uban :roll:
Ipras
nggak pernah terpikirkan untuk kasih nama pada benda" kesayangan... cuma rasa ketergantungan yg pastinya ada, meski kondisi Netbook yg mulai menurun performanya tapi karena ane sudah terlanjur nyaman dan butuh dg Netbook ini, jadinya nih Netbook tetep bekerja di 'batas kemampuannya'... :)
ichanx
dulu kucing gw dikasih nama abdul ghafur... ganti nama karena diamuk bokap :))
    sibair
    Ya ampun di samperin blogger seleb ternyata rasanya seneng ya... ada kebanggaan gitu... hihi
ada-akbar.com
Mas sibair sekedar masukan kalo menulis kata Nabi Muhammad. .jangan lupa ditambah saw . . benar memang Nabi Muhammad saw memberikan nama2 pada pedangnya.Saya juga belum memberi nama pada barang yang saya miliki :D
    sibair
    oh injih mas.. saya benar-bener kelewatan masalah ini, nanti saya ganti.. sekali lagi terimakasih mas.. :)
giewahyudi
Kalau si kebo kan mantannya kambing jantan, etapi aku ga pernah ngasih nama kesayangan lho, sudah ada dikasih sayangi je.. :)
ario saja
heuu klo gede kok ga di beri nama gajah
Kurnia Septa
gak pernah ngasih nama2an :p
DV
Aku sering kasi nama untuk barang kesayangan.. yang baru2 ini ya laptop saya yang kuberi nama Rikat itu :)
@zizydmk
Saya duluuuu juga suka kasih nama pada barang kesayangan. Tapi sekarang gak lagi sih...
Baju Tanah Abang
kalo q cuma suka ngasi nama boneka n binatang pliaraan ja...
warm
jadi inget dulu sama temen2 lelaki waktu kuliah, beneran ngasih nama pada 'barang' masing-masing nama punya saya jhonny kalo ga salah waktu itu *OOT* *lospokus* *hening*
neng ucrit
aku ga pernah nama-namain barang gt jeh... *ga romantis amat ya
Aryanata Razqi
mmm... buat beberapa barang gue kasih nama: 1. Nokia E63 white gue kasih nama SNEGE (Snow E63) 2. Blackberry gue kasih nama Edun (9550 Odin) 3. Pc gue yg pentium 3 gue kasih nama Tigo 4. Pc gue yg pentium 4 gue kasih nama OnTerus (karena emang nyala mulu) hehehehee :) Aryanata Razqi recently posted..Akhirnya WebBlog Yawn!Company diluncurkan
Ilham
aku mah gak begitu ngeh buat ngelakuin hal semacam itu. tapi aku pernah menamai beberapa benda tapi nggak secara intens atau loyal terus2an inget dan manggil benda-benda itu dengan "namanya". kadang2 cuma karena maksa ikut2an temen yang namain benda-benda kesayangannya. tapi abis itu aku nggak begitu mikirin. Ilham recently posted..Awasi Gajahmu
nadiafriza
masa iya ngasih nama ke barang sampe dosa? #gakrela #soalnyangasihnamakegadget2 :p nadiafriza recently posted..When Boys Say “We’re Over”
@helgaindra
saya kayanya jarang deh ngasih nama nama begituan ehehehe @helgaindra recently posted..Selangor, I’m Coming!
Guru Bisnis Online
TOP ini, nabi memberi nama semua hewannya, semua pedangnya, dan juga barang2 miliknya...
Cak Angon
Dulu kucingku kuberi nama Vicky dan Katty, trus ada si Thunder. Tapi klo Spongebob tu jg sampe ngasih nama ke krabby patty nya..hehehe Cak Angon recently posted..Lowongan Kerja IT Support
niwa
wahahaha, iya bener kayanya sih cewek emang banyak banget ngasih nama ke barang2nya..klo cowok mungkin cuma untuk beberapa barang yang mahal2 biasanya :D btw, netbook gw namanya Ruka, handphone gw yg lama namanya Mr. Chou, BB gw namanya Naoki, trus apa lagi yaa...oh iya kalo udah punya mobil mau dikasih nama Banana. Tapi sayangnya belum punya hehehehe :D niwa recently posted..Masuk UI
ghea
aq juga namanin motorku sibiru,. :D hehehhhe motor kesayangan...walaupun bukan motor bagus,,tapi kan dya udah nemenin aq dari SMP.. :D ghea recently posted..By: ghaeamalfirah

Leave Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge