Carut marut sistem pendidikan Indonesia

  • 35 Comments /
  • April 27, 2011 /
  • by sibair /
  • Berita, cerita, Event /
  • Leave a comment
 

Judul yang terlalu tinggi dan menghebohkan, ya? Kata-kata Carut marut sistem pendidikan Indonesia terdengar seperti kehancuran bagi negara Indonesia, karena sistem pendidikan adalah fundamental terbentuknya sebuah bangsa. Berawal dari sebuah broadcast message dari salah satu teman yang akan menjadi salah satu pembicara dalam sebuah acara. Menggangkat sebuah tema yang berjudul carut marut sistem pendidikan Indonesia. Bincang Edukasi dihadiri oleh orang-orang yang merasa gusar terhadap perkembangan pendidikan di negara ini.

Pembahasan yang di angkat antara lain, mulai dari masalah perlu tidaknya pengadaan Ujian Nasional, industrialisasi dalam sekolah, hingga komersialisasi pendidikan. Kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Departemen Pendidikan Nasional pun dirasa hanya memenuhi sebagian kalangan saja, padahal pendidikan adalah untuk semua anak bangsa.

Diperlukan kesadaran masyarakat Indonesia, khususnya bagaimana pentingnya peran para orangtua dalam mendidik anak-anaknya. Diperlukan keterbukaan pikiran dan informasi mengenai alternatif-alternatif pendidikan untuk diketahui dan diperbincangkan oleh semua pihak yang peduli akan pendidikan Indonesia.

Sehingga ke depannya masyarakat Indonesia dapat memilih pendidikan terbaik untuk generasi selanjutnya. Menjadi peran Bincang Edukasi untuk mewadahi dan memfasilitasi semangat berbagi ide-ide dan alternatif pendidikan Indonesia, karena pendidikan adalah kehidupan. Maka segera Bincang Edukasi mengambil langkah ini.

Pembicara dalam acara ini adalah orang-orang kreatif yang mendidik dengan cara-cara yang menarik seperti : Bukik ( Indonesia bercerita), Inanda Tiaka (Child Can Lead), Ditto chrisdianto (Rumah orkestra), Nila Mardiana (Pusdakota).

Acara yang peduli terhadap pendidikan ini bisa di lihat melalui update beritanya di twitter @bincangedukasi.

Hayo saya sebelah mana?

Fundamental pendidikan memang sangat vital jika tidak di beri pendidikan sejak kita kecil. Alhasil pergeseran zaman yang membawa kita ke zaman ultramodern yang di tandai dengan kemajuan superpesat di bidang teknologi komunikasi dan informasi saat ini, agaknya ada sesuatu yang hilang dalam diri manusia, baik sebagai pribadi, anggota keluarga, warga masyarakat, maupun warga negara. Walaupun yang hilang itu bukan sesuatu yang kasat mata, gejala atau fenomena skhir-akhir ini terus menguat. “Rasa MALU” harta pusaka yang seolah lenyap di telan pergeseran zaman.

Rasa malu yang akhir-akhir ini kurang dirawat dan dipelihara oleh para pemiliknya sendiri sehingga banyak yang tercecer, terbuang, dan ahirnya sirna diterpa angin peradabanyang terus-menerus berhembus.

Seiring dengan hilangnya rasa malu tersebut,  seakan rasa malu telah tercabut dari kalbu-kalbu mereka. Implikasinya, banyak orang sudak tidak malu-malu melakukan hal yang sejatinya tabu menjadi kegiatan yang di anggap wajar. Gadis-gadis tidak malu menggunakan pakaian kurang bahan yang mengumbar aurat, pemuda-pemudi yang tidak malu bercumbu mesra di depan umum, bahkan di sekitar tempat ibadah. Seperti yang ada di dekat daerah rumah saya. Suami istri tidak malu selingkuh dengan WIL atau PIL mereka. Mahasiswa dan pelajar yang sudah kerap kali berhubungan seksual dengan pacar mereka dan tidak jarang diabadikan menjadi video yang tersebar luas di dunia maya.

Bahkan hati para perwakilan rakyat yang tidak malu mempertahankan kepemimpinan mereka mesti telah banyak berbuat salah. para dewan tingkat daerah, kota, provinsi sampe pusat yang tidak malu bancakan uang negara. Pembuatan gedung baru yang jelas di tentang rakyat tapi terus di perjuangkan oleh orang-orang yang katanya “Perwakilan rakyat”. Rasanya, lengkap sudah kini orang-orang yang kehilangan rasa malu dalam berbuat maksiat, mungkar, keji. miris

Jumlah mereka yang terus-menerus bertambah. Mereka yang bukan terdiri dari orang-orang awam, tetapi juga meliputi orang terpelajar, mahasiswa, artis, dosen, guru, wakilrakyat,  bahkan tokoh agama juga bisa menjadi salah satu evangelist sesat. Seperti rasa malu tidak lagi bersemayam di kalbu mereka.

Berbuat posfitif malu, bertindak negatif sama sekali tidak malu. Yang benar disalahkan, yang salah dibenarkan. Yang baik dipandang jelek, yang jelek di pandang baik. Yang haram di halalkan, yang halal di haramkan, yang benar dipenjara, yang salah tertawa. Yang jorok-porno di anggap modern, yang anggun rapi dianggap ketinggalan zaman. Ujung-ujungnya, jalan ke neraka pun dikira akses ke surga, sementara jaluk ke surga di anggap lintasan menuju neraka. Naudzubillahi min dzalik.

Pemahaman yang kurang membuat kita lupa. Pengenalan pemahaman seperti 1×3 =3, 3×1=3. Walaupun hasil ahkir yang sama tetapi mempunyai arti yang berbedapun kadang kita acuh.

Kadang pertanyaan yang ringan saja orang atau teman dekat kita tidak tahu. Saya punya 1 pertanyaan yang mudah tapi kebanyakan orang menganggap remeh dan ahirnya mengeluarkan jawaban yang salah.

Jika saya mempunyai uang 1500. Saya belikan bakso seharga 750. Lalu, berapa duit kembalian yang harusnya saya terima? Selamat menjawab dan jangan acuh dengan segala hal-hal ringan. Agar anda tidak mudah menjadi sasaran orang sesat yang ujung-ujungnya akan mencuci otak anda. Adios

Enjoy this article? Subscribe for FREE!!

Masukkan E-mail anda:

Nb: Buka email anda & klik link konfirmasi berlangganannya.

Incoming search terms:
  • carut marut pendidikan di indonesia
  • carut marut sistem pendidikan indonesia
  • carut marut pendidikan indonesia
  • sistem pendidikan indonesia
  • carut marut pendidikan

35 Comments

suryaden
keplok-keplok, menjura suryaden recently posted..Jogja- entitas yang hampir terbunuh
Andhy
Biasanya ganti mendiknas maka ganti kebijakan. yang diruginakan tentu saja oragn tua dan siswa :) Andhy recently posted..Andang Pangrenan - Taman Kota & Tempat Kuliner di Purwokerto
    sibair
    hihihi :D kebijakan juga tergantung individu yang memimpin.. maka mari berdoa semoga mendapat seorang pemimpin yang bisa membawa kita tetap bersyukur atas semua pendidikan di negara ini :)
DV
Hadeh... saya slalu nemu 'semangat baru' di blog ini :) Suka dengan paragraf terakhir soal cuci otak itu... NII banget seh hahaha!
    sibair
    hihihi padahal tadi saya mau mapir ke blognya mas donny. eh, keduluan :D hehheehe
Ikkyu_san
Jepang tidak ada "tidak naik kelas" Jepang tidak ada Ujian Nasional karena mereka mempunyai Garis Besar Panduan Pengajaran yang tetap, yang tidak berganti-ganti meskipun menteri ganti. Menteri hanyalah "simbol". Panduan Pengajaran dan Kurikulum itu yang tetap (tentu saja disesuaikan jamannya) Banyak kok yang bisa dipelajari dari luar negeri, sayangnya anggota DPR yang ke luar negeri bukan untuk mempelajari tapi untuk rekreasi :) EM Ikkyu_san recently posted..Mamat or Matmat
    sibair
    Hihihi jepang memang bisa jadi rujukan tempat pembelajaran yang sangat baik. Tapi, klo ngomongin anggota "yang terhormat" itu saya gak mau ngomong banyak.. wong orang-orang juga sudah pada tau.. hihihi
hanif mahaldy
jadi mikir, kapan ya anak-anak bangsa Indonesia senang saat belajar, yang ada belajar apapun udah keburu bete duluan, kalau dibiarin terus, gak ada yang mau belajar, makin terpuruk deh bangsa ini. hehe. hanif mahaldy recently posted..Kebijakan Pasar Modern yang Timpang Sebelah
    sibair
    Hihii kapan? sampai ada orang-orang yang mau konsisten bergerak untuk memperjuangakan pendidikan negara ini menjadi lebih baik. :D
indobrad
Bicara tentang pendidikan memang gak ada habisnya. Pemerintah kita baru sampai pada tahap pemerataan pendidikan, bukan peningkatan kualitasnya. indobrad recently posted..Advice to Your Younger Self
    sibair
    Klo pemerataan terus negara ini berkembangnya juga rata dong opa? kapan naiknya? :D hehee
Mabruri
tetep berusaha dan berdoa semoga pendidikan Indonesia menjadi lebih baik.. Mabruri recently posted..Kita tak mungkin bersama…
guru rusydi
evangelist sesat? ya itu fakta kebanyakan. dan berbahaya. harus berteriak bersama untuk mengubah negeri ini lebih baik guru rusydi recently posted..Humanitas Expleta et Eloquens
    sibair
    Hihihi iya pak guru.. hati-hati biar gak di cuci otaknya nanti.. *eh
Zippy
Memang masih perlu banyak perbaikan pendidikan di indonesia ya mas :) Btw, kembaliannya 750 kan? Masa salah sih? :D Zippy recently posted..Tampil Cantik Dengan SPB Mobile Shell v372
    sibair
    Hahhaha salah dong :p ada lagi yang bisa jawab?
isnuansa
1x3 # 3x1 ya pak guru? :p
grahainfo
cocok jadi mendiknas nih :). jawabannya: nggak ada kembalian, soalnya bayarnya pake duit pas. grahainfo recently posted..Sony- Credit card data at risk in PlayStation hack
    sibair
    Loh, kembaliannya 250 kan? Karna di Indonesia gak ada pecahan uang 1500 yang ada cuma 1000 sama 500. Jadi klo mau bayar pasti pake duit pecahan 1000 dan dapet kembalian 250 :p
orange float
katanya sistemnya sudah diperbaiki tapi tetap aja ujian nasional selalu menghadapi masalah, error dan segala macamnya orange float recently posted..Kau Masih Kekasihku
RyZack
Sistem pendidikan di indonesia memang rutin diadakan pembaharuan, tetapi kenyataannya semakin banyak perubahan terjadi, semakin membingungkan.
fitri melinda
sistemnya berubah-ubah terus tiap tahun.. :( fitri melinda recently posted..Buku Bagus -
    sibair
    Kalo berubah-ubah si gpp mbak, asal jadi lebih baik.. berubah tapi klo tetep sama ya percuma :D
gajah_pesing
education in Indonesia is still concern
Danu Akbar
Semangat perubahan sistemnya sih ok. Tapi mekanismenya yang gak ok :D Danu Akbar recently posted..Internal Linking yang Terstruktur untuk Menghadapi Google Panda
kurniasepta
sudahlah tak usah dibahas lagi, sekarang waktunya action :( kurniasepta recently posted..Media Massa Juga Berperan Dalam Memajukan Pendidikan
Adib mahdy
meriah banget tu acara pengen ikutan euy judulnya jg lucu...smoga di kotaku juga ada wkwkwk
andra
pendidikan lagi, sistem pendidikan kita udah gak bener. tapi untunglah sekarang udah ada perbaikan. andra recently posted..Merdeka !!! Makasih hidup kini makin susah
DMV
Thank you for the great post, I find there aren't enough DMV news articles available
Jacqualine Dinneen
Makasih banyak sarannya ya, perlu dipraktekin nih :)
Money
Magnificent beat ! I wish to apprentice while you amend your website, how can i subscribe for a blog site? The account helped me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast offered bright clear idea Money recently posted..Money
blog
Excellent weblog right here! Also your site rather a lot up very fast! What web host are you the usage of? Can I get your affiliate link for your host? I desire my site loaded up as quickly as yours lol blog recently posted..blog
cempaka cosmetics
I really like it when folks get together and share opinions. Great blog, continue the good work! cempaka cosmetics recently posted..cempaka cosmetics

Leave Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge